Portal Semua Informasi Lowongan Kerja Terbaru dan Terlengkap

Cara Alami Mengurangi Ngorok Dalam Waktu Singkat

Cara mengurangi ngorok bisa dilakukan melalui tindakan pencegahan berupa mengubah kebiasaan hidup sehari-hari ataukah dengan cara mengonsumsi tanaman herbal tertentu yang akan membantu mengurangi ngorok. Bagi mereka yang punya kebiasaan tidur ngorok (pastinya) sama sekali tidak terganggu dengan kebiasaan ini, sebab pendengkur yang mulai ngorok berarti dia telah tidur pulas dan berada di bawah alam bawah sadar. Saat masih bujang dan tidur sendirian agaknya kebiasaan mendengkur tidak menjadi masalah. Namun apa jadinya jika pendengkur telah memiliki pasangan yang tidak bisa tidur jika pasangannya ngorok. Mau tidak mau kebiasaan ini harus dikurangi atau di cegah dengan cara yang tepat.



Kenapa Mendengkur Terjadi? Mendengkur terjadi karena adanya getaran yang terjadi pada struktur pernafasan saat sedang tidur. Suara mendengkur bisa jadi sangat nyaring, sedang-sedang saja dan bahkan hampir tidak terdengar sama sekali. Mendengkur disebabkan oleh banyak faktor yang memicu terjadinya getaran pada saluran pernafasan tersebut. Apa saja? diantara penyebabnya adalah obesitas (kegemukan), banyak mengonsumsi minuman keras, dan juga obat tidur, posisi tidur yang kurang pas, dan juga tingginya intensitas merokok. Mendengkur yang terjadi pada si kecil harus benar-benar diwaspadai.

Kenapa? Sebab ini adalah indikasi adanya penyakit amandel pada tenggorokan yang menyebabkan terjadinya getaran tertentu pada saluran pernafasan. Perlu diketahui bahwa, mendengkur tidak hanya hal yang biasa. mendengkur bisa menjadi indikasi adanya penyakit kronis yang berbahaya seperti apnea tidur. Apnea adalah gangguan kesehatan dimana saat tidur lelap penderita bisa berhenti bernafas selama 1 hingga 2 menit lamanya. Pada keesokan harinya, penderita apnea akan mengalami rasa sakit yang luar biasa pada bagian kepalanya yang disebabkan oleh menurunnya kadar oksigen dalam tubuh. Penyakit ini erat kaitannya dengan penyakit kronis lain, sebut saja stroke, hipertensi, jantung koroner, dan juga obesitas. Agar terhindar dari kebiasaan mendengkur yang berdampak buruk pada fisik kita, langkah yang bisa kita lakukan adalah sebisa mungkin menghindari penyebabnya dan melakukan pengobatan yang tepat.

Cara Mengurangi Dengkur Secara Alami Cara mengurangi ngorok secara alami bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Ubah Posisi Tidur Pertama-tama adalah mengubah posisi tidur. Riset membuktikan bahwa tidur dengan posisi terlentang lebih berisiko menyebabkan dengkuran. Ini dikarenakan pada saat tidur terlentang, langit-langit lunak pada tubuh dan juga pangkal lidah akan menutup dinding tenggorokan yang berdampak pada terjadinya getaran suara saat sedang tidur. Jika Anda sudah nyaman dan terbiasa dengan posisi tidur terlentang, cobalah untuk tidur menyamping yang akan mengurangi kebiasaan mendengkur. Caranya adalah buat agar posisi Anda tidak nyaman saat terlentang. Misalkan dengan meletakkan bola, bantal, atau apapun di punggung yanga akan mengganjal posisi tidur Anda saat terlentang dan menyebabkan tidak nyaman. Otomatis, ini akan membuat Anda mencari posisi tidur menyamping yang dirasa lebih nyaman. Di awal mungkin sulit namun saat sudah terbiasa maka akan terasa nyaman. Tidur Cukup Banyak dari kita yang mengerjakan aktivitas bahkan melebihi kapasitas fisik dan waktu yang kita miliki. Akibatnya, ini mengakibatkan kita tidak punya waktu beristirahat di siang hari. Saat fisik terasa lelah, tubuh akan lebih mudah mendengkur. Hindari bekerja yang melebihi batas maksimal kapasitas diri Anda agar tubuh lebih fresh dan kebiasaan mendengkur pun berkurang.

Hindari Kebiasaan Buruk Minum-minuman keras Riset membuktikan bahwa konsumsi minuman keras paling tidak 5 jam sebelum tidur menyebabkan dengkur menjadi lebih keras lagi. Hindari konsumsi minuman keras kapan pun agar fisik tetap terjaga kesehatannya dan potensi untuk mendengkur semakin berkurang. Selain minuman keras, hindari konsumsi obat tidur yang berdampak pada rileksnya otot-otot saluran pernafasan. Otot yang rileks lebih berpotensi menyebabkan dengkur dibandingkan dengan otot yang tegang.

Perbanyak Konsumsi Air Putih Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup membantu mengurangi dehidrasi. Dehidrasi berdampak pada menurunnya proses pelepasan lendir pada hidung dan langit-langit . Kondisi tersebut memicu seseorang untuk mendengkur. Biasakan untuk konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Bagi wanita, untuk memenuhi kuantitas air dalam tubuh, usahakan untuk mengonsumsi air minum paling tidak 11 hingga 16 gelas setiap harinya.

Cuci hidung dengan menggunakan larutan garam Cara mengurangi ngorok yang belum banyak diketahui adalah dengan cara mencuci hidung menggunakan air garam. Hidung yang tersumbat akibat flu maupun kotoran bisa dibersihkan dengan mudah dengan menggunakan air garam. Sumbatan pada hidung akan mengakibatkan peredaran udara yang akan memicu dengkuran yang keras. Atau, agar lebih praktis, mandilah air hangat menjelang tidur.

Turunkan Berat Badan Bagi Anda yang sebelumnya saat bertubuh kurus tidak mendengkur dan saat berat badan naik menjadi mendengkur, maka bisa dipastikan bahwa penyebabnya adalah obesitas. Menurunkan berat badan bukan satu-satunya jalan yang harus ditempuh sebab saat seseorang bertubuh kurus pun ada yang punya kebiasaan mendengkur. Anda bisa menempuh cara ini jika memang penyebabnya adalah obesitas khususnya yang disebabkan oleh banyaknya lemak di area leher.

Hindari Merokok Perokok aktif lebih berpotensi mendengkur dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok sama sekali. Rokok menyebabkan masalah serius pada hidung dan paru-paru yang mengakibatkan ngorok.

Kapulaga Kapulaga adalah bumbu dapur khas India. Bumbu ini memang tergolong mahal namun akan memberikan manfaat yang luar biasa. Manfaat kapulaga yang paling efektif adalah dalam mengencerkan lendier dan juga agar saluran pernafasan menjadi lebih plong. Sebagai obat dengkur, buatlah ramuan kapulaga dengan memadukan ¾ sendok makan bubuk kapulaga dengan 250 ml air hangat. Aduk sampai rata dan minumlah setengah jam menjelang tidur malam.

Minyak Zaitun Khasiat minyak zaitun memang sudah tidak diragukan lagi. Minyak ini efektif mengendurkan jaring pada saluran pernafasan serta menurunkan pembengkakan lendir. Kondisi seperti ini akan mengurangi gesekan oleh karena getaran saat udara melalui uvula dan velum yang merupakan penyebab ngorok. Sebagai pilihan ramuan mencegah ngorok, kita bisa campurkan setengah sendok makan minyak zaitun, dan setengah sendok teh madu, yang diminum sebelum tidur malam.

Kunyit Kunyit selain memberikan warna yang khas pada masakan kita, kunyit pun efektif jika dijadikan obat berbagai macam keluhan kesehatan. kali ini kita bisa menggunakan kunyit sebagai cara mengurangi ngorok. Caranya, siapkan satu gelas air hangat, tumbuk kunyit sampai halus, lalu masukkan ke dalam segelas air hangat itu. Tambahkan sedikit madu. Minumlah ramuan ini secara rutin setiap hari menjelang tidur. Cara mengurangi ngorok diatas bisa kita coba terapkan untuk mengurangi dan mencegah dengkuran. Meski mendengkur tidak terasa sakit dan bahkan menjadi indikasi nyenyaknya seseorang saat tidur, namun ngorok bisa mengurangi kenyamanan teman tidur kita. Hindari mengorok dengan cara alami di atas agar tubuh tetap sehat dan ngorokpun teratasi.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengurangi Ngorok Dalam Waktu Singkat